PENGGUNAAN KOMPAS dengan metode trigulasi

Menjelajah alam bebas tanpa menggunakan peralatan navigasi sangat beresiko. Penggunaan kompas dan peta secara bersama-sama disertai kemampuan pengoperasianya akan sangat bermanfaat. Manfaatnya, perjalanan dapat dilakukan dengan aman serta dapat dilakukan pada jalur yang benar walaupun belum pernah dilewati sebelumnya. Latihan terus-menerus dan belajar dari pengalaman akan meningkatkan kemampuan melakukan navigasi di darat. Berikut adalah langkah-langkah menentukan posisi dan arah perjalanan.

1.    Menentukan Posisi dalam Peta

Keberadaan kita di alam bebas dapat diketahui posisinya pada peta. Kegunaanya, yaitu untuk menentukan titika awal perjalanan menuju daerah yang akan dituju dan memudahkan orang lain mencari posisi kita dalam keadaan darurat. Berikut ini langkah-langkah yang dilakukan untuk menentukan posisi pada peta.
•    Buka peta ditempat yang datar, kering, dan lapang.
•    Cocokan arah utara peta dengan kompas. Perhatikan, sesuaikan arah utara kompas dengan Magnetic North yang terdapat pada peta.
•    Lihat garis kontur peta, tentukan tempat yang lebih tinggi dari lingkungan sekitar (contoh puncak gunung). Sesuaikan dengan yang terlihat di lapangan. Jika sudah cocok, bidikan kompas ketempat itu. Putar rumah kompas hingga jarum kompas yang berwarna merah menunjukan arah utara (N). Cara membaca sudut kompas (azimuth) dapat terlihat pada garis penunjuk arah yang dituju pada kompas. Catat sudut yang ditunjukan kompas.
•    Tentukan titik tinggi lain yang serupa, bidik, kemudian ulangi langkah sebelumnya.
•    Gambarkan garis lurus dari titik yang dibidik menggunakan sudut yang telah dicatat tadi. Lakukan hal yang sama pada titik ke dua.
•    Perpotongan dari kedua garis tersebut merupakan posisi kita di dalam peta.
Cara di atas disebut triagulasi. Untuk menghindari kesalahan, sebaiknya titik yang dibidik lebih dari dua. Untuk menghindari bias, selisih sudut antara garis satu dengan yang lain diusahakan lebih dari 300.

Posisi dalam Peta

Posisi dalam Peta

2.    Menentukan Arah Perjalanan

Setelah posisi kita diketahui pada peta, arah yang akan dilalui menuju ke suatu tempat dapat ditentukan. Berikut ini langkah-langkah yang dapat dilakukan.
•    Misalnya posisi kita berada di A dan ingin menuju tempat B yang berada dalam peta. Tandai kedua titik tersebut dip eta.
•    Tempatkan sisi kompas pada titik A menuju titik B, putar rumah kompas sampai arah utara (N) tepat pada jarum kompas yang berwarna merah (arah utara).
•    Lihat angka yang terdapat pada garis penunjuk arah tujuan, catat atau ingat angka tersebut.
•    Awali perjalanan dengan mengikuti arah yang ditunjukan kompas tanpa pengubahan atau memutar rumah kompas.
•    Jarak serta kecuraman medan yang akan dilalui dapat terlihat dengan mengukur dan melihat kontur yang tergambar pada peta.
Langkah-langkah diatas merupakan cara menentukan arah perjalanan yang lurus dengan mengesampingkan rintangan medan yang ada di lapangan, misalnya sungai, jurang, dan lembah. Namun, cara tersebut akan sangat berguna jika dilakukan dalam keadaan tersesat dan darurat. Tentu saja cara di atas akan memakan waktu jika dilakukan di hutan yang bersemak atau medan yang curam.
Apabila keadaan hutan terlalu rapat serta pandanganya terbatas maka pembidikan kompas dapat dilakukan dengan cara beranting. Cara ini membutuhkan lebih dari satu orang dengan dua buah kompas, masig-masing memegang satu kompas. Cara yang dilakukan hampir sama seperti cara sebelumnya, tetapi dilakukan dalam jarak pendek dan saling bergantian membidik kompas.
Pertama, orang ke satu membidik kompas dengan sudut yang telah ditentukan kepada orang kedua yang berada di depannya. Setelah pembidikan tepat dilakukan, orang kesatu tadi berpindah ke depan orang ke dua sementara orang ke dua membidikan kompas dengan sudut yang sama pada orang ke satu yang telah berada di depannya. Begitu seterusnya sampai ketempat tujuan. Memang agak memakan waktu, tetapi sangat efektif ditengah rimbunnya hutan dan pandangan yang terbatas.


ini sebagai refrensi latihan anda coba anda cari posisi bila anda mengambil yoyo tinggi gunung arjuno dan penanggungan...

 

0 komentar:

Posting Komentar

kasih secarik kamentar anda eahh.....
Thank's :))